Sambang Deso Notogomo di Desa Margosuko

Tubankab - Demi tercapainya peningkatan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, Bupati Tuban, H. Fathul Huda menggalakkan program Pemkab Tuban, yakni melalui konsep pengajian umum ‘Sambang Deso Notogomo’.

Seperti yang terlihat pada Kamis (22/03) malam di lapangan Dusun Mamer, Desa Margosuko, Kecamatan Bancar, Tuban. Ribuan masyarakat berjubel ingin mendengarkan Pengajian Umum “Sambung Deso Notogomo 2018” yang menghadirkan penceramah KH. Imam Khambali dan Abah Topan dari Surabaya.

Hal ini bertujuan untuk mempererat hubungan silaturahmi antara Bupati Tuban dengan masyarakat, khususnya masyarakat Bancar dan sekitarnya. Selain itu, juga untuk peningkatan iman dan takwa kepada Allah SWT, serta membentuk kepribadian sebagai proses renungan dan penyadaran menjalankan tatanan kehidupan yang lebih baik.

Drs. A. Amin Sutoyo, Asisten Pemerintahan Pemkab Tuban dalam sambutannya sebagai panitia pelaksana menyampaikan, kegiatan Sambang Deso Notogomo kali ini merupakan kali ketiga, setelah sebelumnya juga dilaksanakan kegiatan serupa di Desa Prunggahan Kulon dan Desa Gesing, Kecamatan Semanding.

Sementara itu, Bupati Tuban H. Fathul Huda mengatakan, tilik desa bentuknya macam-macam, kalau di siang hari ia bersama rombongan keliling kecamatan dan desa meninjau keberadaan TPA (Taman Pendidikan Alquran), untuk mengetahui langsung TPA yang sedang dibangun.

“Pemkab akan memberikan sumbangan bantuan dana pendamping bagi TPA yang sedang membangun, kemudian kalau malam hari melalui Sambang Deso Notogomo seperti malam ini,” ucap bupati yang disambut tepuk tangan jemaah yang hadir.

Dalam tausiyahnya, bupati lebih menyinggung umat Islam yang hanya Islam KTP (Kartu Tanda Penduduk).Bupati pernah menjumpai beberapa warga saat ia melaksanakan sambang desa. Menurutnya, ada sebagian masyarakat yang tidak bisa mengucap dua kalimat syahadat.

“Oleh karena itu, sebagai wujud kepedulian kita anggarkan program pendampingan untuk para orang tua yang belum bisa mengaji dan salat,” tutur bupati yang juga kyai ini.

Dalam kesempatan ini, Bupati Tuban juga memberikan santunan kepada 10 anak yatim piatu yang ada di Desa Margosuko, Kecamatan Bancar, Kabupaten Tuban melalui anggaran dari Baznas Tuban. (chusnul huda/hei)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)